![ulama](file:///E:/AAA.%20ARTIKEL%20FROM%20INTERNET/727-biografi-syaikh-muqbil-rahimahullah_files/ulama.jpg)
Biografi Syaikh Muqbil Rahimahullah
08 Des 2011- Penulis: alquran-sunnah
- Dibaca: 2109 kali.
![dammaj](file:///E:/AAA.%20ARTIKEL%20FROM%20INTERNET/727-biografi-syaikh-muqbil-rahimahullah_files/dammaj.jpg)
Beliau adalah Syaikh Al-Allamah
Al-Muhaddits Abu Abdirrahman Muqbil bin Hadi bin Qayidah Al-Hamdany
Al-Wadi'I Al-Khilaly rahimahullah.
Kelahirannya
Beliau rahimahullah dilahirkan pada
tahun 1352 H di Damaj Yaman di sebuah lingkungan Zaidiyah (Salah satu
sekte Syi'ah) yang bercirikan tasawuf, mu'tazilah, dan berbagai bid'ah
lainnya.
Pertumbuhan Ilmiahnya
Beliau rahimahullah memulai pelajarannya
di Maktab di sebuah desa yang bernama Al-Wathan Damaj Yaman beberapa
lama kemudian berhenti karena tidak ada yang membantunya belajar.
Kemudian beliau safar ke Riyadh Saudi
Arabia dan tinggal di sana sekitar sebulan setengah. Ketika cuaca Riyadh
berubah maka beliau berangkat ke Makkah. Beliau meminta petunjuk kepada
sebagian penceramah tentang kitab-kitab yang bermanfaat yang akan
beliau beli, maka beliau dinasehati agar membeli kitab Shahih Bukhari,
Bulughul Maram, Riyadhush Shalihin, dan Fathul Majid.
Beliau bekerja sebagai penjaga sebuah
gedung di Hajun sambil menelaah kitab-kitab tersebut. Beliau sangat
tertarik dengan kandungan kitab-kitab tersebut karena apa yang dilakukan
manusia di negerinya sangat berbeda dengan yang ada dalam kitab-kitab
tersebut.
Setelah beberapa lama beliau pulang ke
negerinya Yaman dan mulai mengingkari kemungkaran-kemungkaran yang
dilakukan kaumnya. Seperti menyembelih untuk selain Alloh, meminta
kepada orang-orang yang sudah mati, membangun kuburan, dan
kesyirikan-kesyirikan lainnya.
Reaksi yang muncul dari kaumnya begitu
keras, lebih-lebih dari orang Syi'ah yang memandang Syaikh Muqbil sudah
mengganti agamanya sehingga pantas dibunuh. Mereka memaksa Syaikh Muqbil
untuk belajar di Masjid Jami' Al-Hadi untuk menghilangkan
syubhat-syubhatnya.
Kemudian beliau berangkat ke Najran dan
tinggal di sana selama dua tahun belajar kepada Majduddin Al-Muayyid.
Setelah itu berangkatlah beliau ke Makkah bekerja di waktu siang dan
belajar di waktu malam.
Ketika dibuka Ma'had Al-Haram Al-Makky
beliau mendaftarkan diri dan diterima sehingga beliau menyelesaikan
pendidikan Mutawassithah dan Tsanawiyah. Kemudian beliau menuju ke
Madinah dan masuk ke Universitas Islam Madinah di Fakultas Da'wah dan
Ushuluddin.
Ketika dibuka Fakultas Pasca Sarjana di
Universitas Islam Madinah, Beliau mendaftarkan diri dan diterima.
Risalah Magisternya adalah tahqiq kitab Ilzamat dan Tatabbu' oleh
Al-Imam Daruquthni.
Dakhwahnya di Yaman
Ketika terjadi fitnah kelompok Juhaiman
di Masjidil Haram, beliau rahimahullah dituduh termasuk kelompok mereka
sehingga beliau dipenjara dan dipulangkan ke Yaman.
Sesampainya beliau di Yaman, beliau
memulai dakhwahnya dengan mengajari Al-Qur'an kepada anak-anak di
kampungnya. Beliau dengan gigih mendakwahkan dakwah salafiyah, dakhwah
tauhid dakwah yang haq, meski begitu banyak rintangan yang menghadangnya
dari kelompok syi'ah, sufiyah, dan sekuler. Beliau rahimahullah mulai
dakwahnya dari kampungnya yang kecil yang dikelilingi gunung-gunung
tetapi cahaya dakwah beliau memancar hingga ke pelosok-pelosok yang jauh
di Yaman.
Dengan pertolongan Alloh 'Azza wa Jalla,
kemudian dengan kegigihan beliau mulailah dengan manusia meninggalkan
kesyirika-kesyirikan dan kemungkaran-kemungkaran yang sebelumnya
merupakan kebiasaan mereka sehari-hari.
Ketika dakwah beliau mulai terdengar ke
seluruh penjuru, berbondong-bondonglah manusia menuju tempat beliau
untuk mengambil ilmu. Datanglah para penuntut ilmu dari daerah-daerah
sekitarnya,bahkan dari luar negeri Yaman seperti Mesir, Kuwait,
Haramain, Najd, Libia, Al-Jazair, Maghrib (Maroko), Turki, Inggris,
Indonesia, Amerika, Somalia, Belgia, dan negeri-negeri lainnya.
Keberaniannya Dalam Mengingkari Kemungkaran
Beliau rahimahullah dikenal pemberani di
dalam mengucapkan kebenaran dan mengingkari kemungkaran. Tidak takut
kepada siapa pun di dalam membela kebenaran. Siapa saya yang membaca
tulisan-tulisan dan mendengarkan kaset-kaset beliau akan mengetahui hal
itu.Beliau berbicara tentang bid'ah-bid'ah, kesyirikan-kesyirikan,
kezhaliman-kezhaliman, dan kerusakan-kerusakan. Beliau memiliki banyak
bantahan-bantahan kepada para pemilik kebathilan di dalam
tulisan-tulisan dan kaset-kaset beliau.
Perhatian Kepada Para Penuntut Ilmu
Beliau begitu besar perhatiannya kepada
para penuntut ilmu. Beliau sangat bersedih jika ada dari para
murid-muridnya membuthkan sesuatu kemudian tidak bisa mendapatkannya.
Beliau pernah berkata di dalam majelisnya, 'Beban terberat yang aku
hadapi yang aku rasakan lebih berat daripada menghadapi ahli bid'ah dan
menulis adalah kebutuhan murid-murid kami'.
Keluhuran Jiwanya
Beliau rahimahullah begitu luhur
jiwanya, menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak pantas, menjaga diri
dari meminta-minta kepada orang lain, sampai-sampai beliau merasa berat
memintakan kepada para muhsinin (dermawan) untuk kepentingan para
muridnya. Ketika Syaikh Abdul Aziz bin Baz mengetahui hal itu maka
beliau mengirim surat kepada Syaikh Muqbil yang isinya, 'Tulislah
permohonan wahai Abu Abdurrahman, engkau akan mendapatkan pahala
darinya!'
Beliau latih para muridnya pada sifat
yang agung ini. Beliau mencela dan memperingatkan dari orang-orang yang
meminta-minta kepada manusia atas nama dakwah, dan ini bukan berarti
beliau rahimahullah menyeru para penuntut ilmu agar meninggalkan
taklimnya untuk berdagang. Maksud beliau, makan dari hasil usaha sendiri
lebih baik daripada meminta-minta. Beliau rahimahullah juga berkata,
'Aku menasehatkan kepada ahli sunnah agar bersabar atas kefaikiran,
karena itulah keadaan yang Alloh pilihkan kepada Nabi-Nya Shollallahu
'Alayhi wa Sallam.
Kesabarannya
Beliau rahimahullah memiliki kesabaran
yang sulit dicari bandingannya. Beliau begitu sabar atas bebrbagai
penyakit yang menimpanya, bersabar atas penyakit busung air yang
bertahun-tahun dideritanya. Demikian pula atas penyakit lever yang
menimpanya. Merupakan hal yang menakjubkan bahwa beliau dalam keadaan
sakit tidak pernah meninggalkan taklimnya. Pernah suatu saat beliau
menyampaikan pelajarannya dalam keadaan tangannya diikat dengan perban
ke lehernya.
Kezuhudan, Kesederhanaan, Kedermawanan, dan Wara'nya.
Beliau dikenal dengan kezuhudannya dan
beliau biasakan para muridnya atas sifat yang mulia ini. Beliau
sampaikan kepada mereka bahwa dengan sifat inilah mereka akan
mendapatkan ilmu. Beliau sangat sederhana dalam tempat tinggal, pakaian
dan makanannya.
Di antara hal yang menunjukkan
kezuhudannya pada dunia, beliau wakafkan tanag belia yang luas untuk
tempat tinggal para muridnya yang sekarang ditempati sekitar 250 rumah.
Beliau memiliki sifat tawadhu' yang
sulit dicari bandingannya. Jika beliau sedang berjalan kemudian
dipanggil oleh seorang anak kecil maka beliau langsung berhenti,
menyapanya, dan menanyakan apa yang dikehendaki. Ketika beliau di
majelis taklimnya datanglah seorang anak kecil, beliau hentikan
pelajarannya dan berkata anak kecil itu kepadanya, 'Aku ingin membaca
sebuah hadits di mikrofon.' maka beliau dudukkan anak kecil tersebut di
depannya untuk membaca hadits yang dikehendakinya.
Beliau dikenal dengan sifat wara', tidak
pernah tersisa dana dakwah disisinya karena selalu beliau serahkan
kepada penanggungjawabnya.
Kegigihan Dalam Berdakwah
Beliau rahimahullah begitu gigih dalam
berdakwah meskipun begitu padat kesibukannya daalam mengajar dan
menulis. Beliau arahkan para muridnya dengan mengatakan, 'Janganlah
kalian hanya menuntut ilmu dan meninggalkan dakwah, wajib atas kalian
mendakwahkan ilmu yang kalian pelajari!'
Beliau melakukan perjalanan dakwah di
kota-kota dan desa-desa Yaman, mendaki gunung-gunung dan menuruni
lembah-lembah. Beliau mengalami vabyak rintangan dari para
musuh-musuhnya seperti jama'ah Ikhwanul Muslimin, Jam'iyah Hikmah dan
Ihsan, kelompok sekuler, Sufiyah, dan selain mereka, tetapi beliau tidak
pernah surut dalam dakwahnya kepada Kitab dan Sunnah.
Ceramah-ceramah dakwah beliau dihadiri
oleh jumlah yang sangat besar hingga di sebagian tempat ceramah diadakan
di tanah lapang karena masjid yang ada tidak mampu memuat jumlah
hadirin.
Beliau peringatkan manusia dari
kesyirikan, kebid'ahan, demokrasi dan parlemen. Beliau ingatkan kaum
muslimin agar tidak memberikan loyalitas kepada musuh-musuh Islam, dan
meninggalkan fitnah hizbiyyah yang telah menceraiberaikan umat.
Kegigihannya Dalam Mempelajari dan Menyampaikan Ilmu
Beliau begitu gigih di dalam mengajarkan
ilmu. Satu jam sebelum Zhuhur beliau mengajarkan kitabnya Shahih Musnad
mimma Laisa fi Shahihain, setelah itu kitab Jami' Shahih Musnad mimma
Laisa fi Shahihain. Sesudah sholat Zhuhur belia mengajarkan Tafsir Ibnu
Katsir dua hari sekali bergantian dengan kitab Shahih Musnad min Asbabin
Nuzul. Ketika kitab yang akhir ini selesai beliau ganti dengan kitab
Jami' Shahih. Sebelum Zhuhur beliau menelaah pelajaran di rumahnya
selama seperempat jam.
Sesudah Ashar beliau mengajarkan kitab
Shahih Bukhary, dan sesudah Magrib mengajarkan Shahih Muslim dan
Kitabnya Ahaditsu Mu'allah Zhahiruha Shihhah. Selesai dari kitab yang
akhir ini beliau menggantinya dengan kitabnya Gharatul Fishal alal
Mu'tadin ala Kutubil Ilal.Selesai dari kitab yang akhir ini beliau
mengajarkan kitabnya Dzammul Mas'alah, kemudian setelah selesai diganti
dengan kitab Shahih Musnad min Dalail Nubuwwah. Bersama kedua kitab ini
beliau ajarkan juga kitab Mustadrak dan kitabnya Shahih Musnad fil
Qadar. Demikianlah urut-urutan taklim beliau hingga beliau wafat.
Jika beliau berbicara tentang rijal maka
beliau adalah pakarnya, jika beliau sedang diskusi dengan
murid-muridnya dalam masalah nahwu maka seakan-akan tidak ada selsain
beliau yang mengetahui disiplin ilmu ini, jika beliau berbicara tentang
ilal maka membuat terhenyak orang yang ada dihadapannya. Demikian juga
beliau memiliki kecepatan luar biasa di dalam menghadirkan dalil-dalil
dari Kitab dan Sunnah.
Guru-gurunya
Beliau mempelajari ilmu-ilmu syar'i dari
para ulama besar dizamannya seperti : SYAIKH Abdul Aziz bin Abdullah
bin Baz, Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albany, Syaikh Abdullah bin
Humaid, Syaikh Muhammad As-Sabil, Syaikh Abdul Aziz Ar-Rasyid, Syaikh
Yahya Al-Bakistany, Syaikh Muhammad bin Abdullah ASH-Shamaly, Syaikh
Muhammad Hakim Al-Mishry, dan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab
Al-Mishry.
Murid-muridnya
Di antara murid-muridnya adalah Syaikh
Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Washshaby Al-Abdaly, Syaikh Yahya bin Ali
Al-Hajury, Syaikh Muhammad bin Abdullah Ar-Rimy Al-Imam, Syaikh Abdul
Aziz bin A;-Bar'i, Ummu Abdillah Al-Wadi'iyah putrinya, Ummu Syu'aib
Al-Wadi'iyah istri keduanya, Ummu Salamah istri ketiganya, dan masih
banyak lagi selain mereka.
Tulisan-tulisannya
Diantara tulisan-tulisannya adalah
Shahih Musnad mimma Laisa fi Shahihain, Tarajim Rijal Al-Hakim fil
Mustadrak, Tatabbu' Auham Al-Hakim allati Sakata Alaiha Adz-Dzhaby,
Tarajim Rijal Sunan Daruquthni, Shahih Musnad min Dalail Nubuwwah,
Gharatul Fishal 'alal Mu'tadin 'ala Kutubil Ilal, Jami' Shahih fil
Qadar, Sha'qatu; Zilzal Linasfi Abathil Rafdhi wal I'tizal, Ijabatus
Sail'an Ahammil Masail, Asy-Syafa'ah, Riyadhul Janna fi Raddi 'ala A'dai
Sunnah, Tuhfatul Arib 'ala As'ilatil Hadhir wal Gharib, Al-Makhraj
minal Fitnah, Shahih Musnad min Asbabin Nuzul, Rudud Ahlil Ilmi 'ala
Tha'inin fi haditsi Sihr, Mushara'ah. Ilhad Khomeni fi Ardhil Haramain,
Al-Ba'its ala Syarhil Hawadits, Irsyad Dzawil Fathan Liib'adi Ghulati
Rwafidh 'anil Yaman, Jami' Shahih Musnad mimma Laisa fi Shahihain,
Gharatul Asyrithah 'ala Ahlil Jahli wa Safsathah, Fawakih Janiyah fil
Khuthab wal Muhadharat Saniyah, Qam'ul Mu'anid wa Zajrul Haqidil Hasid,
Majmu'atu Rasail Ilmiyah, Tuhfatusy Syab Rabbany, Fatwa fi Wihdatil
Muslimin ma'al Kuffar, Iqamatil Burhan ala Dhalali Abdur Rahim
Ath-Thahhan, Dibaj fi Maratsy Syaikhul Islam Abdul Aziz bin Baz, Hukmu
Tashwir Dzawatil Arwah, Muqtarah fi Ajwibati As'ilatil Musthalah,
Fadhaih wa Nashaih, Maqtal Syaikh Jamilurrahman, Iskatul Kalbil'Awi,
Tahqiq Tafsir Ibnu Katsir, Shahih Musnad mimma Tafsir bil Ma'tsur, dan
Kitab Ilzamat wa Tatabbu' lil Imam Daruquthni dirasah wa tahqiq.
Wafatnya
Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi'i wafat
di Jedda pada malam Ahad 1 Jumadil Ula tahun 1422 H dalam usia sekitar
70 tahun dan dimakamkan di Makkah di samping Syaikh Abdul Aziz bin Baz
dab Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin. Semoga Allah meridhainya dan
menempatkannya dalan keluasan jannah-Nya.
Rujukan
Rujukan
Nubdzah Yasir min Hayati Ahadi 'Alamil Jazirah oleh Abu Hammam Muhammad bin Ali bin Ahmaf Ash-Shauma'i Al-Baidhani.
Tulisan ini diambil dari : Majalah Al Furqon Edisi:1 Tahun V Sya'ban 1426 H / September 2005 oleh www.jilbab.or.id
Biografi versi lainnya untuk melengkapi ada di sini...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar